Review Desain Media Instruksional

Atun Nurul Izzati – 20102513016
Program studi Teknologi Pendidikan
Progam Pascasarjana Universitas Sriwijaya

=================================

Review Materi Desain Media Instruksional
Dalam proses pengajaran, unsur proses belajar memegang peranan penting/vital. Dimana

Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman (learning is defined as the modification or streng-thening of behavior through experiencing) (Prawiradilaga, 2007)

Dalam pengertian lebih lanjut belajar adalah merupakan suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya mengingat, akan tetapi lebih luas daripada itu, yakni mengalami.

Adanya belajar maka adanya mengajar, adalah proses membimbing kegiatan belajar siswa. Dalam kegiatan mengajar penting bagi guru untuk memahami proses belajar siswa, agar dapat memberikan bimbingan dan menyediakan lingkungan belajar yang tepat bagi siswa.

Proses belajar oleh siswa dan proses mengajar oleh guru, disebut dengan pembelajaran, Pembelajaran (instruction) adalah suatu usaha untuk membuat peserta didik belajar atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran merupakan upaya menciptakan kondisi agar terjadi kegiatan belajar. (Warsita, 2008)

Guru dalam hal ini seorang pengajar, dalam mengajar dimana bertugas untuk membagikan informasi ilmu yang dimiliki kepada siswa. Untuk berbagi ilmu guru memerlukan pengalaman, pengetahuan tentang siapa siswa yang dihadapi, dan bagaimana menyampaikan ilmu tersebut dengan baik. Guru terbiasa dalam membuat satuan pelajaran atau lesson plan untuk menambah wawasan, dimana dalam membuat lesson plan tidak terpaku pada satu model saja. Untuk menciptakan kegiatan belajar yang lebih menantang dan menarik untuk siswa diperlukan pengembangan lebih lanjut juga dalam pembuatan lesson plan. Ini merupakan bagian integral dari kinerha pengajar (teaching performance) seorang guru.

Dalam (Miarso, 2009) Istilah media yang merupakan bentuk jamak dari medium secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Dan menurut AECT (1979: 21) mengartikan media sebagai segala bentuk dan saluran untuk proses transmisi informasi. Sedangkan Olson (1974: 12) mendefinisikan medium sebagai teknologi untuk menyajikan, merekam, membagi, dan mendistribusikan symbol dengan melalui ransangan indera tertentu, disertai penstrukturan informasi.

Pengertian beberapa media yang diakses dari internet:

  • Ø Menurut Donald P. Ely & Vernon S. Gerlach, pengertian media ada dua bagian, yaitu arti sempit dan arti luas.
  • Arti sempit, bahwa media itu berwujud: grafik, foto, alat mekanik dan elektronik yang digunakan untuk menangkap, memproses serta menyampaikan informasi.
  • Menurut arti luas, yaitu: kegiatan yang dapat menciptakan suatu kondisi, sehingga memungkinkan peserta didik dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang baru.
    • Ø Gagne (1970) menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.
    • Ø Association of Education and Communication Technology (AECT) di Amerika memberikan batasan mengenai media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/informasi.
    • Ø National Education Association (NBA) menyatakan bahwa media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio visual serta peralatannya. Dan media hendaknya dapat dimanipulasi, dilihat, didengar dan dibaca.
    • Ø Dari pendapat para tokoh (Schramm, NBA, dan Briggs) bahwa
    • media merupakan wadah dari pesan yang oleh sumber atau penyalurnya ingin diteruskan kepada sasaran atau penerima pesan tersebut,
    • materi yang ingin disampaikan adalah pesan pembelajaran,
    • tujuan yang ingin dicapai adalah terjadinya proses belajar.

DAFTAR PUSTAKA
Arief S. Sadiman; R. Rahardjo; Anung Haryono; Rahardjito. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Jogyakarta: Diva Press, 2011.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. 1, Cet. 11. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press.
Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Prawiradilaga, Dewi Salma. (2007). Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sudrajat, Akhmad. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/04/15/sumber-belajar-untuk-mengefektifkan-pembelajaran-siswa/ (accessed 12 29, 2011).
Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Sumber bacaan lain dari internet

http://blog.unsri.ac.id/itamardalena/makalah-desain-instrkuksional/sr/4463/
http://nuraeni68.blogspot.com/2011/10/bagan-keterkaitan-standar-proses.html
http://ekalestari359.blog.com/tugas-desai-instruksional/
http://fadlibae.wordpress.com/2010/03/24/review-mata-kuliah-pengembangan-sistem-instruksional
http://mahendracollage.blogspot.com/2011/04/skema-model-pengembangan-pendidikan.html
http://zuhairistain.blogspot.com/2009/04/pengembangan-sistem-dan-disain.html
http://muhamadikhsan.multiply.com/journal/item/25/Prinsip_Pengembangan_Media_Pendidikan_-_Sebuah_Pengantar_-
http://blog.unsri.ac.id/NoraUnbara/welcome/media-dan-pembelajaran/mrdetail/14547/80
http://blog.unsri.ac.id/amrullah/catatan-kuliah-anak-ndeso/evaluasi-formatif/mrdetail/11148/#22378
http://dony.blog.uns.ac.id/2010/05/31/persamaan-dan-perbedaan-model-pengembangan-instruksional/
http://desainpembelajaran.blogspot.com/2010/10/kaitan-antara-kurikulum-dan.html
http://desainpembelajaran.blogspot.com/2010/10/pengertian-dan-ruang-lingkup-desai.html
http://id.shvoong.com/tags/batasan-media-pembelajaran
http://deaseducationart.wordpress.com/2011/10/24/batasan-media-dan-media-pembelajaran/
http://www.masbied.com/2009/12/24/penggunaan-media-belajar-dalam-meningkatkan-prestasi-belajar-siswa/
http://kabar-pendidikan.blogspot.com/2011/10/artikel-pembelajaran-fungsi-dan-manfaat.html
http://tepenr06.wordpress.com/2011/09/27/sejarah-perkembangan-teknologi-pembelajaran/
http://kiflipaputungan.wordpress.com/2010/06/27/pengembangan-media-pembelajaran/
http://www.unisla.ac.id/content/view/20/9/
http://assabbab.wordpress.com/2011/04/10/7/
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/789/0
http://dibustom.wordpress.com/2011/05/08/16/
http://www.batararayamedia.com/page.php?menu=artikel&id=91&title=Klasifikasi-Media-Pembelajaran-Dalam-Pendidikan
http://sulaiman-ump.blogspot.com/2011/06/pengantar-media-pembelajaran.html
http://sulaiman-ump.blogspot.com/2011/06/prosedur-pembuatan-media-audio.html

Posted in Artilkel Umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s